Posted by : fauzan yafie Senin, 22 Oktober 2018

Nama : Fauzan Yafie M
Kelas  : 3IA07
NPM   : 52416724





Analisis Logo Starbucks

Starbucks adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri kopi dari Amerika dan berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks saat ini masih populer dan menjadi kedai kopi terbesar di dunia dengan 20.336 kedai di 61 negara. Bagi kalian yang suka ngopi pasti sudah tidak asing dengan Starbucks. Memang pesona Starbucks sangat besar bagi kalangan pecinta kopi di seluruh dunia. Hampir semua pecinta kopi kenal dengan kedai kopi ini.

Starbucks Coffee pertama kali di buka di Seattle pada 1971 oleh Jerry Baldwin, Zev Siegel dan Gordon Bowker dengan nama II Giornale. Terinspirasi oleh  Alfred Peet yang menjual biji kopi pilihan, akhirnya berdirilah kedai kopi berkualitas yang kita kenal sekarang. Nama Starbucks pun terbentuk pada tahun 1987, ketika Starbucks dijual pada Howard Schultz.

Bicara mengenai Starbucks, kita tidak bisa lepas dari logo yang membuatnya populer di seluruh dunia. Banyak yang bertanya-tanya apa arti dari gambar yang ada di logo tersebut, sebelum kita membahasnya, sejarah desain logo Starbucks dimulai pada tahun 1971 ketika perusahaan pertama kali akan didirikan. Mereka membutuhkan logo yang iconic dan elegan. Akhirnya 3 pendiri Starbucks menghire designer logo Terry Heckler. Aliran desainnya banyak dipengaruhi oleh buku-buku classic yang dia tulis juga, yang pada akhirnya dituangkan pada logo Starbucks ini.

Starbucks Coffee telah melakukan empat kali penggantian logo, yaitu pada tahun 1971, 1987, 1982 dan awal tahun 2011. Logo Starbucks itu sendiri bias di artikan dengan makna yang berbeda.

1.                menggambarkan Dewi Siren yaitu Dewi Penggoda. Dalam mitologi Yunani, Syren adalah ikan duyung berekor kembar yang suka menngoda para pelaut. Hal ini mempunyai makna bahwa nantinya Starbucks Coffee dapat  menarik perhatian konsumen.

2.                Siren putri duyung pada mitologi Yunanai yang memiliki 2 sisi yang berbeda. Konon banyak pelaut yang terpesona dengan kecantikan Siren, tapi kemudian ternyata si putri membawa bencana  bagi pelaut dengan nyanyian merdunya, mereka terlena dan akhirnya kapalnya terjerembab menghempas batu karang di laut. Sama halnya dengan kopi yang akan membuat banyak orang terlena bahkan tak sadar menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk secangkir kopi.

Dalam mitologi Yunani, Siren atau ‘’’Seirenes’’’ (bahasa Yunani: Σειρῆνας) adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Sirenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.

Desain logo starbuck mengalami banyak perubahan, pada awal tahun 1986-an, putri duyung bertelanjang  dada dan lebih menonjolkan 2 sirip ikannya. Tetapi pada tahun 1987-1992, Siren tidak lagi bertelanjang dada karena tertutup rambutnya, tapi masih melihatkan pusarnya. Warna berubah dari cokelat ke hijau. Sampai pada akhirnya sekarang Siren lebih tertutup dan tidak memperlihatkan dada dan pusarnya sama sekali.

Sumber :



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

- Copyright © Belajar Secara Mandiri -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -