Posted by : fauzan yafie Minggu, 05 November 2017





Dosen Pembimbing : Esti Setyaningsih, SKOM, MMSI
Nama :  Fauzan Yafie Muyassar
NPM : 52416724
Kelas : 2IA07
Email : fauzanyafie50@gmail.com



Studi kasus mengenai dampak yang muncul dari aplikasi newmedia



YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.[5] Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Seperti yang diketahui pada masa kini kita mengenal banyak artist yang terkenal dan kaya dari youtube. Jika dulu youtube biasanya memuat vidio klip atau film ataupun trailer, sekarang ada yang dikenal yaitu vlog. Vlog berisi vidio yang meliput aktifitas sang pemilik. Kebanyakan artis bahkan orang-orang biasa banyak yang menggunakan ini menjadi ajang pencarian uang maupun ketenaran.
Mari kita perhatikan terlebih dahulu perjalanan dibentuknya youtube dari awal!

    1.      Youtube didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim.

   2.      Kantor pertama YouTube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California.

   3.      YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005.

  4.      Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

   5.      Perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.

  6.      Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube


  7.      Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000.

   8.      Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $.

   9.      Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat.

   10. Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.



YouTube juga pernah diblokir beberapa kali diberbagai negara karena berbagai alasan. Dan berikut Negara-Negara yang pernah memblokir YouTube :
   1.      Arab Saudi Youtube dapat diakses di Arab Saudi, tetapi halaman untuk mengkonfirmasi tanggal kelahiran pengguna diblokir

  2.      Armenia Karena Armenia menyatakan keadaan darurat sebagai hasil dari protes pemilihan presiden Armenia 2008

   3.      Brazil YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli (lebih terkenal sebagai bekas tunangan Ronaldo) bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi.

   4.      Iran Pada 3 desember 2006, Iran memblokir YouTube bersama dengan beberapa situs lainnya setelah menyebut “amoral”.

   5.      Maroko Pada 25 mei 2007, Maroc Telecom (perusahaan milik negara Maroko) meblokir semua akses ke YouTube.

   6.      Republik Rakyat Cina Sebagai bagian dari program penyensoran Golden Shield, Youtube diblokir di Republik Rakyat Cina sejak 15 oktober 2007.

   7.      Suriah YouTube kini diblokir di Suriah.



DAMPAK NEGATIF DAN DAMPAK POSITIF YOUTUBE DARI SEGI EKONOMI

Dampak positif dari youtube yang selama ini bisa dilihat adalah bagi perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin melakukan promosi bagi artis-artisnya. Juga bagi perusahaan-perusahaan periklanan yang ingin mempromosikan suatu produk. Ada pula orang-orang yang dengan sengaja meng-upload video-video dokumenter baik sejarah perjuangan bangsa kita maupun dokumenter mengenai kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan dari pedalaman Indonesia. Ada pula video-video ilmu pengetahuan tentang kehidupan baik dari dasar laut hingga luar angkasa. Semua ada di youtube.

Dampak negatif salah satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang tidak dapat diproduksi oleh pesaing.

DAMPAK NEGATIF DAN DAMPAK POSITIF YOUTUBE SOSIAL BUDAYA

Dampak Positif

·         Dapat mencari video tutorial.
·         Bisa menjadi artis instant.
·         Bisa berbagai keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
·         Dapat mencari video unik dan lucu.
·         Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik.

Dampak Negatif

· Dapat dipakai untuk mencari video porno.
· Video-video kekerasan.
· Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
· Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
· Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.

DAMPAK YOUTUBE SECARA POLITISI
Positif
· Memperoleh informasi politisi
· Menyiarkan suatu peristiwa perkembangan politis
· Kampanye partai politik (seperti obama yang mengupload video tentang pidatonya)
· Siaran ulang kejadian perisitiwa politisi
Negatif

Setelah adanya video youtube pemerintahan setiap Negara di dunia yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lembaga global misalnya PBB dan WTO.Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya yang baru dari dunia luar seperti YouTube yang  memberi perubahan bidang politik dalam suatu Negara. Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas Timbulnya fanatisme rasial, etnis dan agama dalam forum dan organisasi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

- Copyright © Belajar Secara Mandiri -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -