Posted by : fauzan yafie
Minggu, 08 Oktober 2017
Dosen Pembimbing : Esti Setyaningsih, SKOM, MMSI
Nama : Fauzan Yafie
Muyassar
NPM : 52416724
Kelas : 2IA07
Email : fauzanyafie50@gmail.com
DASAR NEW
MEDIA
Definisi
New Media
Media baru (bahasa Inggris:
new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara
teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam
jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah situs web , aplikasi seluler , dunia maya ,
multimedia , permainan komputer , antarmuka komputer-manusia , animasi komputer
dan instalasi komputer interaktif.
Program televisi, film,
majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media
baru.
Lev Manovich dalam
pengantar Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan
proposisi sederhana dan ringkas:
1.
Media Baru versus Cyberculture - Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang
terkait dengan komunikasi internet dan jaringan, sedangkan New Media lebih
memperhatikan objek budaya dan paradigma (digital ke televisi analog, iPhone).
2.
Internet, situs
web, multimedia komputer, disk Blu-ray dll Masalahnya Istilah "media
baru" tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya
akan didistribusikan melalui komputer.
3.
Media baru dikendalikan oleh Perangkat Lunak di pabrik, semua benda budaya yang mengandalkan
representasi digital dan pengiriman berbasis komputer membagi beberapa kualitas
umum. Media baru direduksi menjadi Data digital yang bisa dimanipulasi oleh
perangkat lunak sebagai gambar yang tersimpan sebagai data matriks yang bisa
dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang
diimplementasikan, seperti warna. inversi, skala abu-abu, penajaman,
rasterisasi, dll.
4.
"Media Baru sebagai Campuran Antara Konvensi
Budaya yang Ada dan Konvensi Perangkat Lunak" Media Baru dapat dianggap sebagai perpaduan antara
konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi
dan konvensi representasi, akses, dan manipulasi data yang lebih baru. misalnya
perangkat lunak "komputer", data "tua", representasi
realitas visual dan pengalaman manusia, dan data "baru" adalah data
numerik, misalnya komputer, keypad dari keputusan "kreatif" kunci,
dan didelegasikan ke posisi teknisi misalnya di film, perangkat lunak Digunakan
di beberapa bidang produksi, di lain diciptakan menggunakan animasi komputer.
5.
Gagasan baru
sebagai estetika yang Mengembangkan Tahap Awal Setiap Media dan Teknologi
Komunikasi Modern Baru - Meskipun kiasan ideologis memang tampak muncul kembali
secara teratur, banyak strategi estetika dapat muncul kembali dua atau tiga
kali ... Agar pendekatan ini benar-benar Sebagai gantinya, kami akan
mengembangkan analisis yang lebih komprehensif yang menghubungkan teori
teknologi dengan sejarah sosial, politik, dan ekonomi atau periode modern
6.
Baru dikembangkan sebagai Eksekusi Cepat Algoritma
yang Dilaksanakan Secara Manual atau melalui Teknologi Lainnya - Komputer adalah kecepatan yang sangat besar dari
teknik yang telah dilakukan sebelumnya. Kalkulator. Secara dramatis mempercepat
eksekusi mungkin terjadi teknik representasi yang sudah ada. Pada satu tingkat,
komputer digital modern bukan kalkulator yang lebih cepat, kita tidak boleh
mengabaikan identitasnya yang lain: perangkat kontrol cybernetic.
7.
Media Baru sebagai Metamedia - Media Baru sebagai
Metamedia - Manovich menyatakan
bahwa tahun 1920 lebih terkait dengan New Media daripada periode waktu lainnya.
Metamedia bertepatan dengan postmodernisme karena mereka mengolah kembali karya
lama daripada menciptakan karya baru. Media baru avant-garde adalah tentang
cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi (misalnya hypermedia,
database, search engine, dll.) Meta-media adalah contoh bagaimana kuantitas
dapat berubah menjadi kualitas seperti pada teknologi media baru dan teknik
manipulasi dapat dikodekan. estetika modernis menjadi estetika postmodern yang
sangat berbeda.
8.
Media ini yang Artikulasi Paralel Gagasan serupa
dalam Seni dan Komputasi Post-PDII
- Post PDII Seni atau "kombinatorik" melibatkan pembuatan gambar
dengan mengubah satu parameter secara sistematis. Hal ini menyebabkan
penciptaan gambar dan struktur spasial yang sangat mirip. Algoritma, bagian
penting media baru ini, tidak bergantung pada teknologi, tapi bisa dieksekusi
oleh manusia.
Sejarah New Media
Pada
tahun 1950an, hubungan antara komputasi dan seni radikal. Baru pada tahun
1980an Alan Kay dan rekan kerjanya di Xerox PARC mulai memberikan kemampuan
komputer pribadi kepada individu, daripada memiliki yang besar. Ini secara
kausal tidak terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan
disainnya dari Web terjadi pada waktu yang bersamaan. "
Deklarasinya
yang sekarang terkenal dalam Understanding Media: The Extensions of Man (1964)
Bahwa " medium adalah pesan " menarik perhatian pada terlalu sering
diabaikan pengaruh media dan teknologi itu sendiri, daripada "konten"
mereka, terhadap pengalaman manusia tentang dunia dan masyarakat secara luas.
Sampai
tahun 1980an media terutama mengandalkan model siaran cetak dan analog ,
seperti Internet dan video yang didasarkan pada penggunaan teknologi digital,
seperti Internet dan video. Penggunaan komputer digital telah mengubah media
'lama' yang tersisa, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital
dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak
telah ditransformasikan melalui penerapan teknologi seperti perangkat lunak
manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat publishing desktop.
Komponen New Media
New Media membutuhkan
komponen, dan berikut adalah komponen yang dibutuhkan oleh New Media diantaranya:
1.Handphone
2.Internet
3. Komputer
Manfaat
New Media
New Media memiliki manfaat untuk kita, dengan New
Media kita akan mendapatkan Informasi – informasi dengan mudah dan cepat, berikut
ini manfaat New Media :
·
Bidang
Pendidikan
Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa
untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.
·
Bidang
Pencarian Kerja
Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan
pekerjaan disuatu tempat.
·
Bidang Sosial
Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, hal
tersebut sangat membantu untuk kita berinteraksi dengan seseorang.
·
Bidang Jual
Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses
orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli
yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di
inginkan dapat mengakses website strore
yang memiliki barang yang di inginkan.
Kekurangan
New Media
Selain memiliki kelebihan/manfaat, New Media juga
mempunya kekurangan. Berikut ini kekurangan dari New Media :
·
Rawan akan
pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa
mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol
privasi seseorang dan mencuri data pentingnya.
·
Virus, tidak
dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan.
Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user,
ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi
tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
·
Sifat malas,
dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita
akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia
diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan
komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai
tentunya.
Aplikasi
New Media
Berikut adalah aplikasi New Media yang saat ini
banyak digunakan oleh masyarakat umum :
· -Facebook
Facebook adalah sebuah
layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika
Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012,
Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya
menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan
situs ini
· -Twitter
Twitter (/ˈtwɪtər/) adalah
layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang
dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006
oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.
· - YouTube
YouTube adalah sebuah situs
web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari
2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi
video.Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai
teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu
ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video
pendidikan.
· - Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan
video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan
filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk
milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto
menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic
dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh
kamera pada peranti bergerak.
Daftar
Pustaka
·