Posted by : fauzan yafie Senin, 08 Juli 2019




Review AI pada game clash of clans





Pendahuluan
Mulai tahun 2013 kemarin, sistem operasi android adalah satu-satunya pilihan yang sangat menguntungkan. Melihat  juga banyaknya pengguna  dari  kalangan  menengah  ke  bawah  yang jumlahnya terus bertambah dengan pesat. Dan pada akhirnya, mereka (supercell) merilis resmi clash of clans versi android pada tanggal 7 Oktober 2013. Hadir di Android, peminat clash of clans semakin menggila saja. Saat  ini (2  tahun), COC sudah di download sebanyak 100 Juta pengguna Android di dunia.

Jumlah yang sangat menghebohkan. Tentunya ini langsung menenggelamkan game strategi lain  sebelumnya.  Bahkan  banyak  juga  bermunculan  game/permainan  baru  lainnya  yang mengadopsi  dari  clash  of  clans.  Mungkin sebagian  dari kamu  sudah tau,  seperti  contohnya Castle Clash yang sempat booming namun hanya sesaat setelah rilis saja.  Lebih dari itu, game ini pula menggunakan fitur multiplayer online dimana setiap pemain dapat dan bisa membangun sebuah klan (clan), perkumpulan atau komunitas, melatih pasukan agar menjadi kuat, menyerang pemain lain, mencuri dan mendapatkan emas (Gold), Elixir dan Dark Elixir (DE), membangun pertahanan dan masih banyak lagi.

Genre Game berbasis AI
1. ACTION & ACTION ADVENTURE
system permainan gampang dan mudah dikuasai di segala usia walau begitu kadangkala ada game genre ini yang memakai tingkat kekerasan sangat tinggi hingga harus dilihat batasan usia nya.

2. SIMULATION:
Game ini sangat menarik karena bisa membuat kita berfantasi seakan objek yang berada dalam game tersebut adalah nyata dan milik kita.

3. Lovesims/visual novel
Game ini hanya berupa suatu percakapan antar tokoh disertai dengan gambar CG (Computer Graphic) Anime yang indah. Jalan ceritanya berjalan sendiri tanpa bisa kita kendalikan, kita hanya bisa mengatur jalan cerita melalui pilihan langkah sang tokoh di game tersebut untuk mencapai akhir yang buruk atau bahagia, kayak Sinetron gitu deh.

4. RPG (Role Playing Game)
Game ini juga mengharuskan Gamers untuk berpikir dan berstrategi karena game ini memiliki banyak celah yang bisa dipecahkan untuk mencapai kesuksesan bermain sehingga menciptakan gaya bermain yang berbeda-beda pada setiap player.

5. SHOOTING
Game shooting adalah game yang menuntut Gamers untuk menghabisi musuhnya dalam game tersebut dengan cara menembakinya dengan berbagai jenis senjata api.

6. FIGHTING
Genre game yang simple, cukup mengalahkankan lawan dengan cara duel 1 lawan 1 maka anda menang.

7. RACING
Yaitu permainan balapan yang lebih menekankan excitement dalam bermain. sub-genre ini populer dari mesin arcade yang jatuhnya mendarat juga di pc ataupun console.

8. STRATEGY
Strategi adalah game menguras otak karena memerlukan pemikiran yang cerdik untuk menyelesaikan permainan dengan pemikiran kita sendiri.

9. Sports
Sports adalah game olahraga yang gameplaynya tergantung dari jenis olah raga itu sendiri. Game sports ada bermacam - macam, misalnya Golf, American football (rugby), Sepakbola, Basket, Baseball, Gulat, Voli, Memancing, dsb.

10. Puzzle
Misalnya game menyusun balok, game kartu, catur, tebak-tebakan dan lain sebagainya, namun harus diwaspadai karena game tipe ini juga ada yang mengajarkan berjudi seperti game domino, mahyong, poker, dsb.

11. Flash Game

Game ringan yang fun untuk dimainkan, diciptakan dari program sederhana yang siapa saja bisa menciptakannya asal memahami dengan teliti program pembuatnya, kapasitasnya kecil dan mudah didownload di internet.

12. Game Emulator
Emulator adalah program untuk memainkan game konsol agar bisa dimainkan di pc, beberapa konsol yang bisa dimainkan di pc dengan emulator adalah Playstation, GBC/GBA, Snes, Nintendo 64, Nintendo DS, dsb.

13. Real Moment Game
Game yang bernuansa realistis. Dengan sensor gerak kita bisa melakukan gerakan solah-olah kita sedang berinteraksi dengan objek dalam game tersebut. Game type ini sedang dikembangkan oleh beberapa pengembang game dan diramalkan akan menjamur dimasa depan kelak.


Penerapan Pohon Pada COC
Alpha  Beta  Pruning  merupakan  algoritma  yang  akan  mengurangi  ruang  pencarian Negamax.Alpha Beta Pruning  menelusuri pohon permainan  dengan meletakkan  2  nilai  pada setiap node, yaitu alpha (α) dan beta (β).  Nilai α  ditetapkan sama dengan - sedangkan nilai β    sama dengan +. Jika α<β,  maka kesempatan untuk mencari langkah terbaik masih ada  dan pencarian akan tetap dilanjutkan.  Node akan melakukan maksimalisasi dan memperbaiki  nilai α dari nilai anak- anaknya, kemudian  nilai  yang  telah  memperbaiki  nilai  α  tersebut  akan  dibandingkan  dengan  nilai  β sementara.  Jika α> β, maka evaluasi dihentikan



Strategi Algoritma Depth-First Search (DFS)   dan Alpa Beta Pruning  pada Permainan COC (Clash Of Clans)
1. Balai kota
2. Penyimpanan Emas 
3. Penyimpanan Elixir Ungu
4. Penyimpanan Elixir Hitam




Dari  ilustrasi  pohon  coc  penyerangan  diatas  dengan  metode  itu  bisa  mengambil keuntungan  dengan  memperbanyak  eliksir,  dan  lebih  mudah  untuk  menaikkan  trophy penyeragan yang di ambil mengunakan tentara. Sedangkan dari ilustrasi pohon bertahan tadi, di bisa dengan mudah mengaman kan eliksir di dari lawan yang ingin menyerang.di  ngambil poin lawan jika dia mendapatkan minus  dari serangan yang dilakukan.

Aturan Permainan COC
1.    Membuat akun dengan email
2.    Ikuti Tutorialnya
3.    Beli builder
4.    Membangun castle clan dan bergabung dengan clan
5.    Farming untuk mengupgrde defense dan troops

KESIMPULAN
Fungsi  evaluasi  yang  digunakan  adalah  strategi  peletakan  pasukan  pada  base  lawan  . dengan metode  alpa beta pruning   itu di bisa  mengambil keuntungan dengan memperbanyak eliksir, dan di lebih mudah untuk menentukan nilai minus dan nilai menang dalam di menyerang base lawan .

Algoritma Negamax tidak efisien apabila digunakan secara tunggal pada permainan COC ini  karena ruang  tempat  penyimpanan  yang  terlalu  besar, sehingga perlu  dilakukan  dengan menggunakan  AlphaBetaPruning.  Dari  hasil  pengujian  aplikasi  yang  telah  dilakukan  dapat disimpulkan  bahwa  aplikasi  permainan  COC  dapat  berjalan  dengan  baik  pada  android spesifikasi  RAM  minimal  1Gb.  Supaya  bisa  bermain  dengan  lancar  di  Android  tanpa  ada ganguan kemacetan pada Android  yang dimainkan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

- Copyright © Belajar Secara Mandiri -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -