Posted by : fauzan yafie
Rabu, 28 Maret 2018
Arsitektur Web dan Aplikasi Utama
Nama: Fauzan Yafie M
NPM : 52416724
A. Arsitektur Web
Arsitektur
web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu
informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya. Dimana
struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antara lain form, fungsi,
navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang
akan dibangun dalam sebuah web (www.usemod.com).
Arsitektur
Web memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin
intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras,
menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari
merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan
dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis
dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah
lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.
Ada tiga
standar utama untuk penerapan Web Service, Standar-standar ini mendukung
pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan
UDDI.
SOAP
(Simple Object Access Protocol) adalah Suatu bahasa versi bebas dari protokol
RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP
standar.
WSDL
(Web Services Description Language) adalah bahasa yang memungkinkan berbagai
dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
UDDI (Universal Description Discovery and
Integration) adalah semacam direktori global untuk mengelola web services.
B. HTTP, HTML, Web Server, Internet, Browser,
Transaction
HTTP
Hypertext
Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang
digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan
hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling
terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks,yang kemudian
membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim
Berners-Lee.HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan
server.
HTML
HTML (
Hypertext MarkUp Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk
membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah
penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam
berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Dengan
kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan
dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah
HTML. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat
oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di
CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di
Jenewa)
Internet
Internet
atau disebut juga interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control
Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket
(packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia.
Web Server
Server
web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat
lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol
komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs
web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti
peramban web
Browser
Browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang
digunakan untuk menampilkan halaman Web.
Microsoft
Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla adalah contohnya. Pendeknya
untuk Web browser, merupakan aplikasi perangkat lunak digunakan untuk
menemukan, mengambil dan juga menampilkan konten di World Wide Web, termasuk
halaman Web, gambar, video dan file lainnya. Sebagai model klien / server, brow
Transactions
Internet
Server Transaksi memiliki kemampuan untuk menangani berbagai macam teknologi
Web untuk mengakses aplikasi SAP. Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik Transaksi
Web dan SAP GUI untuk HTML adalah dua pilihan tersebut. Memanfaatkan RFC
Protocol, Web Reporting, WebRFC dan Logika Arus ITS tiga opsi lain. Internet
Aplikasi Komponen merupakan pilihan juga yang menggunakan tata letak berbasis
template.
C. Wiki, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan
Usergenerated Content
1.
Wiki
Wiki
adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang
memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah
ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk
menciptakan situs web semacam itu.
2.
Blogs
Blog
(web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang
dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog mempunyai fungsi
yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah
kampanye politik, sampai dengan program-program media dan
perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal,
sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.
3.
Folksonomi
Folksonomi adalah suatu sistem pengklasifikasian
yang diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag
secara kolaboratif, untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten.
4.
Social
Network
Sosial media adalah sebuah media untuk
bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan
manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa
bagian besar yaitu :
Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi
dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok
orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype,
phorum, dll)
Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk
saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr,
crowdstorm, dll)
Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg,
dll)
Social game, media sosial berupa game yang dapat
dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, com, dll)
MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv,
livecastr, dll)
Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!,
dll)
Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes,
tweetpeek, dll)
5.
Usergenerated
Content
User-generated Content atau disingkat UGC, dikenal
juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content
(UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang
diproduksi oleh end-user.
D. Semantic Web Summary
Web semantik ( semantic web ) adalah perkembangan
dari www ( world wide web ) pada tahun 2002, dimana konten web yang di
tampilkan tidak hanya dengan format bahasa manusia yang umum tetapi juga bisa
di baca dan digunakan oleh bahasa mesin. Web Semantik (atau Web Bermakna)
merujuk kepada teknik yang memungkinkan konten pada Web untuk dapat lebih
dimengerti oleh komputer. Istilah Web Semantik itu sendiri dicetuskan oleh Tim
Berners-Lee. Sekarang, prinsip Web Semantik disebut-sebut akan
muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan, Web 3.0 itu
sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Teknologi Web Semantik ini antara
lain adalah XML,RDF, OWL dan SPARQL.
1.
XML(Extensible
Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh
W3C (World Wide Web Consortium) untuk membuat dokumen markup
keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan
kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar
untuk melacak Internet.
2.
RDF
(Resource Description Framework) adalah standar W3C untuk
mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date,
content, dan copyright information dari Web page.
3.
OWL (Web
Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang
dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi
ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan
rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web
untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax XML (eXtended Markup Language).
Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS (XML Schema), RDF (Resource
Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan OWL itu sendiri.
4.
Microformats
adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah
terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman
web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan
diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi. Secara
teknis, hal-hal tersebut adalah bagian dari penandaan semantik yang hanya
menggunakan standar “Plain Old Semantic (X)HTML” (yaitu “POSH”) saja dengan
nilai “rel” dan satu set penamaan-kelas yang umum. Mereka digunakan dengan
terbuka dan tersedia, bebas bagi siapa saja.
5.
Microdata
adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang
simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin
pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam
halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik. Microdata adalah
upaya untuk menyediakan cara sederhana annotating elemen HTML dengan tag dapat
dibaca oleh mesin daripada pendekatan serupa menggunakan RDFa dan Microformats.
6.
Web
Semantikmerujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa
manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa
yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan
penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah
bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu
database.
E. Web Security
Suatu
tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab
melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb. Mengenai masalah yang berkaitan
dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu
Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama
CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website,
princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila
ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
1.
Confidentiality
Confidentiality
memiliki makna bahwa data-data ataupun informasi-informasi yang berada di dalam
sebuah website hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang
memiliki kewenangan untuk mengaksesnya. Dalam era konsep Web 2.0 yang sedang
berkembang beberapa tahun belakangan ini, sangat memungkinkan sebuah website
untuk dapat memiliki lebih dari satu administrator. Contohnya adalah WordPress
engine.
2.
Integrity
Integrity
memiliki pengertian data-data yang berada didalam server atau website hanya
dapat diubah ataupun di delete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk
melakukan hal itu. Sebagai contoh proses transfer dari server ke client atau
sebaliknya (dapat berupa upload maupun download), ternyata mengubah file yang
sedang di transfer tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa sebuah aplikasi
website yang sedang digunakan tidak aman (insecure). Sama halnya jika ada
serangan sebuah virus yang dapat mengubah sebuah file, entah itu mengubah nama
ataupun isinya.
3.
Availability
Jika
confidentiality bermakna hanya user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat
data tertentu yang tersimpan didalam sebuah server atau website, availability
memiliki makna bahwa website harus dapat diakses jika user ingin meggunakannya.
Memang terkesan membingungkan dan tidak berbeda dengan prinsip pertama, namun
kedua prinsip ini sangat jauh berbeda dikarenakan dilihat dari dua sudut
pandang yang memang berbeda.
Konten Web
Definisi
Konten
web adalah, teks visual atau pendengaran konten yang dihadapi sebagai bagian
dari pengalaman pengguna pada situs web . Ini dapat mencakup, antara lain:
teks, gambar , suara , video dananimasi .
Dalam
” Informasi Arsitektur untuk World Wide Web “(edisi kedua, halaman 219), Lou
Rosenfeld dan Peter Morville menulis,” Kami menetapkan konten secara luas
sebagai ‘hal-hal di situs Web Anda. ” Ini mungkin termasuk dokumen, data,
aplikasi, e-layanan, gambar, file audio dan video, halaman web pribadi, arsip e-mail,
dan banyak lagi Dan kami mencakup hal-hal masa depan serta hal-hal ini.. “
Dari konten web
Walaupun
Internet dimulai dengan proyek penelitian Pemerintah AS di akhir tahun 1950an,
web dalam bentuk yang sekarang tidak muncul di Internet sampai setelah Tim
Berners-Lee dan rekan-rekannya di laboratorium Eropa ( CERN ) mengajukan konsep
menghubungkan dokumen dengan hypertext . Namun hal itu tidak sampai Musa ,
pendahulu terkenal Netscape Navigator , tampak bahwa internet menjadi lebih
dari file yang melayani sistem.
Penggunaan
hypertext , hyperlink dan berbasis model halaman berbagi informasi,
diperkenalkan dengan Mosaic dan kemudian Netscape , membantu untuk menetapkan
konten web, dan pembentukanwebsite . Sebagian besar, hari ini kita
mengkategorikan website sebagai jenis situs web tertentu sesuai dengan isi
website yang berisi .
Halaman yang konsep
Konten
Web yang didominasi oleh “halaman” konsep. Setelah awal dalam suatu pengaturan
akademis, dan dalam pengaturan didominasi oleh jenis-halaman tertulis, gagasan
dari web adalah link langsung dari satu makalah akademik yang lain kertas
akademik. Ini adalah ide yang benar-benar revolusioner di akhir 1980-an dan
awal 1990-an ketika link terbaik bisa dibuat adalah dengan mengutip referensi
di tengah-tengah jenis kertas dan ditulis nama yang referensi baik di bagian
bawah halaman atau pada halaman terakhir dari makalah akademik.
Ketika
itu adalah mungkin bagi setiap orang untuk menulis dan memiliki halaman Mosaic,
konsep ” home page “kabur ide sebuah halaman. [1] Itu mungkin bagi orang untuk
memiliki ” halaman Web“atau halaman rumah” “yang dalam banyak kasus website
berisi banyak halaman fisik meskipun disebut” sebuah “halaman. Orang sering
menyebut “rumah mereka halaman” untuk menyediakan kredensial, link ke sesuatu
yang seseorang yang didukung, atau konten apapun individu lain seseorang ingin
menerbitkan.
Walaupun
“web” mungkin menjadi sumber daya kami biasa digunakan untuk “pergi ke” lokasi
tertentu online, banyak protokol yang berbeda dipanggil untuk mengakses
informasi tertanam. Ketika kita diberi suatu alamat , seperti
http://www.youtube.com , kita mengharapkan untuk melihat berbagai halaman web,
tetapi dalam setiap halaman kami telah tertanam alat untuk menonton “video
klip”.
Konten web HTML
Meskipun
kami mungkin menanamkan berbagai protokol dalam halaman web, halaman web “”
terdiri dari ” html “(atau beberapa variasi) konten masih merupakan cara yang
dominan dimana kita berbagi konten. Dan sementara ada banyak halaman web dengan
struktur kepemilikan lokal (paling biasanya, situs bisnis), jutaan website
abound yang terstruktur sesuai dengan ide inti umum.
1. Blog
adalah jenis website yang berisi halaman web terutama menulis di html (walaupun
blogger mungkin benar-benar menyadari bahwa halaman web terdiri menggunakan
html karena alat blogging yang dapat digunakan). Jutaan orang menggunakan blog
online, blog sekarang menjadi “halaman rumah baru”, yaitu suatu tempat di mana
persona dapat mengungkapkan informasi pribadi, dan / atau membangun sebuah konsep
untuk yang persona ini. Meskipun sebuah blog dapat ditulis untuk tujuan lain,
seperti mempromosikan bisnis, inti dari sebuah blog adalah kenyataan bahwa ia
adalah ditulis oleh orang “” dan bahwa orang mengungkapkan informasi dari /
sudut pandangnya dia;
2. Mesin
pencari situs terdiri terutama dari konten html, tetapi juga memiliki
pendekatan terstruktur biasanya untuk mengungkapkan informasi. Sebuah halaman
hasil mesin pencari (SERP) menampilkan, biasanya pos nama mesin pencari , dan
kemudian daftar situs dan alamat mereka. Apa yang di sini merupakan hasil dari
sebuah query yang dapat didefinisikan sebagai kata kunci. Hasil Halaman daftar
halaman Web yang terhubung dalam beberapa cara dengan kata kunci yang digunakan
dalam query;
3. Diskusi
panel adalah situs terdiri dari “” isi tekstual yang diselenggarakan oleh html
atau beberapa variasi yang dapat dilihat dalam web browser . Mekanisme
mengemudi dari papan diskusi adalah kenyataan bahwa pengguna terdaftar dan
setelah terdaftar bisa menulis posting . Seringkali sebuah papan diskusi
terdiri dari pos menanyakan beberapa jenis pertanyaan yang pengguna lain dapat
memberikan jawaban atas pertanyaan itu;
4. Situs
E-commerce adalah sebagian besar terdiri dari bahan tekstual dan tertanam
dengan grafis menampilkan gambar item (s) untuk dijual. Namun, ada situs yang
sangat sedikit yang terdiri halaman-demi-halaman menggunakan beberapa varian
dari HTML. Secara umum, halaman web terdiri sebagai mereka yang dilayani dari
database ke pelanggan menggunakan browser web. Namun, pengguna melihat dokumen
terutama teks tiba sebagai halaman web yang dapat dilihat dalam browser web.
situs E-commerce biasanya diorganisir oleh perangkat lunak kami
mengidentifikasi sebagai ” keranjang belanja “.
Pandangan yang lebih luas dari konten web
Meskipun
ada banyak jutaan halaman yang sebagian besar terdiri dari HTML, atau beberapa
variasi, secara umum kita melihat data , aplikasi , E-Services ,
gambar(grafis), audio dan file video , halaman web pribadi , arsip e-mail , dan
banyak lagi bentuk file dan sistem data sebagai milik situs dan halaman web.
Meskipun
ada ratusan cara untuk menyampaikan informasi pada sebuah situs web, ada
seperangkat pengetahuan tentang mesin pencari optimasi yang harus dibaca
sebagai penasehat cara bahwa apa pun tetapi teks harus disampaikan. Saat ini
mesin pencari berbasis teks dan salah satu cara umum orang yang menggunakan
browser cari situs yang menarik.
Konten adalah raja
Ungkapan
dapat ditafsirkan bahwa – tanpa konten asli dan diinginkan, atau pertimbangan
untuk hak-hak dan kepentingan komersial pencipta konten – setiap usaha media
cenderung gagal karena kurangnya menarik konten, terlepas dari faktor desain
lainnya.
Konten
dapat berarti setiap karya kreatif, seperti teks, grafik, gambar atau video.
“Konten
adalah Raja” adalah saat meme ketika mengorganisir atau membangun website
(walaupun Andrew Odlyzko dalam “Konten adalah Tidak Raja” berpendapat lain).
konten Teks ini terutama penting bagi penempatan mesin pencari. Tanpa konten
teks asli, kebanyakan mesin pencari tidak akan dapat istilah pencarian sesuai
dengan isi situs.
Manajemen konten
Karena
website sering kompleks, istilah ” manajemen konten “muncul pada akhir tahun
1990an mengidentifikasi metode atau dalam beberapa kasus sebuah alat untuk
mengatur semua unsur beragam akan dimuat di website. Manajemen konten sering
berarti bahwa dalam bisnis ada sejumlah orang yang memiliki peran yang berbeda
yang harus dilakukan dengan manajemen konten, seperti konten penulis, editor ,
penerbit , dan administrator . Tapi itu juga berarti mungkin terdapat sistem
manajemen kontendimana masing-masing peran yang berbeda dimana diatur untuk
memberikan bantuan mereka dalam operasi sistem dan mengatur informasi untuk
sebuah situs web.
Meskipun
bisnis dapat mengatur untuk mengumpulkan, mengandung dan mewakili bahwa
informasi online, kebutuhan organisasi konten sedemikian rupa untuk memberikan
pembaca (browser) dengan pengalaman “customer” yang mudah digunakan, situs
tersebut dapat berlayar dengan mudah , dan situs Web yang dapat memenuhi peran
yang ditugaskan oleh bisnis, yaitu, untuk menjual kepada pelanggan, atau pasar
produk dan jasa, atau untuk menginformasikan kepada pelanggan.
Geo penargetan isi web
Penargetan
geografis konten web di internet pemasaran dan pemasaran geografis adalah
metode untuk menentukan Geolocation (lokasi fisik) dari pengunjung situs web
dengan perangkat lunak Geolocation dan pengiriman konten yang berbeda dengan
pengunjung didasarkan pada lokasinya atau dia, seperti negara, daerah / negara,
kota, kode metro / kode pos , organisasi, Internet Protocol(IP), ISP atau
kriteria lainnya.
Konten yang berbeda-beda]dengan pilihan
Sebuah
contoh khas untuk konten yang berbeda dengan pilihan penargetan geografis
adalah di situs web FedEx di FedEx.com di mana pengguna memiliki pilihan untuk
memilih lokasi negara pertama mereka dan kemudian disajikan dengan situs yang
berbeda atau artikel konten tergantung pada pilihan mereka.
Berbeda isi Otomatis
Dengan
isi yang berbeda otomatis di internet pemasaran dan geomarketing pengiriman
konten yang berbeda berdasarkan geografis Geolocation dan informasi pribadi
lainnya secara otomatis.